Tuesday 12 January 2016

Hari 12: Masa Tua - Masa Membahagiakan

Di Bandung saat ini, lagi muncul banyak taman kekinian. Kekinian dalam arti taman yang beneran dibikin dari awal ataupun taman yang direnovasi. Baik direnov total ataupun diperbaiki sedikit-sedikit. Ada yang diperbaharui temanya maupun tetap di tema awal taman tapi diperkuat perannya.

Salah satu taman yang saya kunjungi hari ini adalah taman Lansia atau taman Cilaki. Taman ini sudah ada sejak lama. Buat saya sendiri, taman Cilaki adalah salah satu taman yang punya kesan mendalam. Dari taman Cilaki inilah perjalanan aktivitas saya dimulai. Dimulai dari kumpul perdana untuk jadi relawan Festival Hari Bumi YPBB. Dilanjutkan dengan melakukan kegiatan-kegiatan terkait kampanye gaya hidup organis selanjutnya. Dll dst sampai akhirnya gak kerasa udah sekitar 10 tahun ada lingkar ini.

Hari ini saya kepikiran untuk duduk-duduk di meja piknik. Mejanya cukup panjang. Bisa menampung sekitar 10 orang sepertinya.


Meja piknik di taman Lansia yang bisa menampung sekitar 10 orang 


Karena ada 1 piknik yang penuh diisi ibu-ibu dan bapa-bapa yang makan rame-rame, maka saya cari meja piknik lainnya. Ada 1 meja yang agak kosong, tapi tetap perlu bertetangga dengan beberapa pengunjung taman lainnya. Sambil nunggu temen datang, saya isi dengan aktivitas mewarnai dan tentunya sambil nguping pembicaraan orang-orang di sisi kanan dan kiri. Bukan kepo-kepo amat sih, ya emang kedengeran weh.

Sisi  kanan saya awalnya duduk seorang bapak-bapak yang baca koran dengan santai. Lalu berganti dengan dua ibu-ibu yang bawa makanan, lalu pada ngerumpi. Isi rumpiannya seputar anak-anak dan cucu. Sudah disana-sini, sudah kerja ini itu dan pengalaman nengok cucu. Sisi kiri saya isinya 2 bapak-bapak. Satunya dulu pejabat, tepatnya kepala dinas di sebuah kota di luar Jawa. Yang baru pensiun 1 tahun. Keduanya tampak ngobrol seru. Sepintas, beberapa orang tua ini tampak bahagia dengan aktivitas nongkrong di taman. Mungkin karena nemu tempat dan teman ngobrol yang pas. 


2 bapak yang lagi ngobrol seru :) 


Dari obrolan kanan kiri tersebut, saya lalu jadi mikir (lagi) bahwa kehidupan pas tua tuh perlu diisi dengan aneka hal yang membahagiakan. Jalan-jalan, olahraga dan ngadem di taman bisa jadi salah satunya. Dan hal-hal membahagiakan tersebut bisa dan atau perlu direncanakan dari sekarang.

Dan saya jadi teringat dengan tulisannya Tarlen tentang Rumah Senja sebagai bentuk alternative “rumah jompo”. Rumah jompo yang banyak dimaknai negatif itu dimaknai berbeda oleh Tarlen sebagai seorang crafter di kota Bandung yang selama ini banyak membuat ruang-ruang beraktivitas. Khas Tarlen lah. Cuma kalau Tobucil dikonsep untuk kondisi  saat ini, Rumah Senja versi lansianya. Lengkapnya tentang Rumah Senja bisa dilihat di sini

Jadi, hal membahagiakan apa yang bakal kamu kerjakan di hari tua nanti? Mulailah dengan melakukan hal-hal membahagiakan di masa sekarang J



No comments:

Post a Comment