Wednesday 16 March 2016

Kimchi + Kimjan

Edisi cerita minggu ini berbau Korean ah. Bukan karena kemarin-kemarin banyak nonton film Korea sih, tapi karena di hari minggu kemarin, saya ikutan kegiatan ini niiiih


Poster: Kuncup Padang Ilalang

Membuat fermentasi rumahan ini sebenernya adalah tantangan yang sudah dari lama ingin saya jawab. Walaupun di Indonesia kita gak mengalami musim dingin sehingga harus nyetok makanan (sayur atau buah) fermentasi, tapi kondisinya adalah ada kalanya kita punya stok sayur atau buah berlimpah. Daripada sayur atau buah tersebut jadi food waste, mending diawetin sehingga gak terbuang. Dikulkasin bisa tentunya. Dan fermentasi adalah salah satu alternatif pengawetan lainnya. 

Jaman kuliah (sebagai anak biologi tea lah ya, maenya weh) saya sempat dapet mata kuliah yang didalamnya belajar tentang fermentasi-fermentasian. Tapi kayanya banyakan teori dan prinsip yang lupa daripada yang inget. Yang samar-samar diinget adalah dulu sering praktikum bikin ini itu yang ujungnya bisa dimakan. Bagean makan-makan aja inget wkwkwk. Jadi emang perlu belajar lagi biar semangat dan derrrrr dicoba dijalankan dalam keseharian.

Berbekal keler kaca, lap kain bersih, karet gelang dan uang 25ribu sajah, akhirnya berangkatlah saya ke Rumah Kail untuk belajar lagi tentang proses fermentasi. 25 ribu sih tanpa biaya untuk pematerinya. Justru biar bisa dapet konsumsi sehat (jagung rebus dan teman-temannya) saat berkegiatan dan pulang bisa bawa hasil olahan kimchi dan juga kombucha (tentang kombucha saya ceritain kapan-kapan ya).

Mari kita kimjan! Kimjan adalah istilah yang dipakai untuk aktivitas bikin kimchi rame-rame. Nama boleh ke-korea-korean, tapi sayurnya pasti bisa didapat di pasar lokal seperti sawi putih, wortel dan timun. Bumbu-bumbunya ada yang hanya ada di Korea jadi perlu dibeli di supermarket khusus, tapi bisa diganti sama yang lokal-lokal, contohnya bubuk cabe. Sisanya bisa banget dari bahan-bahan lokal. Resep lengkapnya bisa diintip aja di blog resep-resep ternama seperti disini.


Ini pas penjelasan awal dari Dhila


Dan saya baru tahu bahwa kimchi ternyata adalah salah satu dari 5 makanan tersehat di dunia! Wah hebaaattttt! Orang Korea katanya sehat-sehat karena biasa makan yang mentah-mentah dan juga aneka fermentasi rumahan. Ini berguna untuk daya tahan tubuh dan bikin mereka ga gampang sakit. Kenapa? Karena dari proses fermentasi tersebut akhirnya makin bertambah banyaklah bakteri-bakteri baik di dalam kimchi dan bakteri-bakteri tersebut baik untuk tubuh. Jadi, catatan penting "mengapa kita perlu makan makanan terfermentasi" selain untuk mengurangi potensi food waste, juga untuk memperbanyak pasukan bakteri yang baik untuk tubuh.

Tahap-tahap pembuatan kimchi hanya 2 saja. Setelahnya, kimchi siap disantap setelah 2 hari disimpan di wadah yang tertutup.


Foto: Jessisca Fam


Foto: Jessisca Fam

Acar adalah makanan yang gak terlalu saya minati. Kalau pesen nasi goreng dan kawan-kawannya di tempat makan, biasanya saya pesan tanpa acar. Dengan aneka pengetahuan baru saat membuat kimchi ini, paling tidak menambah semangat saya untuk mencoba menikmati enaknya acar-acaran seperti kimchi. Apalagi kimchi bukan dibuat dari cuka pabrikan, jelas lebih sehat.

Tapi rupanya lidah ini belum sepenuhnya familiar dengan kimchi. Jadi saya mencoba memasak kimchi menjadi makanan olahan. Resep yang keren-keren dari kimchi silakan digoogling sendiri lah. Misalnya seperti resep sup kimchi ini. Kemarenan, saya akhirnya masak kimchi pakai bahan seadanya di kosan dan sabisa-bisa aja da tanpa resep yang jelas. Hasilnya enakkkkk! Jadi selain sehat, si kimchi ini ternyata bikin rasa seger yang khas bagi makanan olahannya.


Nasi Goreng Kimchi

 

Bihun Kuah Kimchi

Mie Kuah Kimchi


Begitulah hasil petualangan berkimchi ria bersama teman-teman di rumah Kail :)


1 comment:

  1. CV Bahagia Sukses Makmur adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan sewa Tenda Roder / Hanggar. Kami memproduksi tenda dengan ukuran standard ataupun custom untuk kebutuhan gudang, marketing, event, wedding (pernikahan), party, DLL.

    Tim dengan skill yang profesional sehingga hasil kerja efektif dan efesien.

    Tenda jenis ini sering digunakan untuk kegiatan dengan skala yang besar, karena mampu mangakomodasi kebutuhan dan kenyamanan didalamnya. Tenda ini juga memiliki ketahan dan kekuatan yang sama dengan bangunan permanen.

    Tenda Roder Putih dan Tenda Transparan

    Tenda Roder Putih
    Salah satu yang cukup sering digunakan adalah tenda roder dengan penutup PVC putih, Jenis tenda ini menjadi pilihan bagi anda yang ingin mengadakan acara yang bersifat komersil atau lebih provasi.
    Selain untuk event sendiri tenda ini juga sering digunakan sebagai tenda rumah sakit, tenda covid, tenda posko kemanan ataupun darurat.

    Tenda Transparan
    Tenda transparan ini dapat memberikan penerangan yang lebih maksimal dari pada tenda roder putih karena cahaya dapat masuk lebih banyak banyak ke dalam tenda ini. Tenda jenis ini memiliki kesan yang lebih arkistik dan elegan, sangat cocok untuk anda yang memimginkan tampilan cantik pada saat acara dilangsungkan.
    Pada umumnya tenda ini sering digunakan untuk acara event, wedding (pernikahan), party, bazar, pameran, DLL.

    Spesifikasi Dan Keunggulan Tenda Roder

    Beberapa keunggulan nya yaitu :
    - Fleksibel
    Fleksibel dalam desain dan mudah modifikasi struktur sesuai dengan kebutuhan anda.
    - Low Maintance
    Biaya perawatan yang kecil karena menggunakan rangka alumunium yang tahan terhadap karat.
    - Tidak Memerlukan IMB (ijin mendirikan bangunan)

    Spesifikasi Tenda Roder
    1. Menggunakan PVC 850 blackout untuk dinding dan atap nya
    Blackouk sendiri tahan terhadap sinar UV matahari, Sehingga saat berada didalam tenda anda akan merasa nyaman.
    2. Memiliki Ukuran yang besar
    Kami memiliki beberapa ukuran bentangan yaotu 10 m, 15m dan 20 m dengan panjang kebelakang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.
    3. Cocok digunakan untuk segala jenis acara

    Tenda kerucut / sarnafil
    Tenda sarnafil adalah jenis tenda promosi, event ataupun bazar, dengan bentuk atap kerucut sisi dinding PVC 410 gr Blackout yang dapat ditutup dan dibuka.
    Tenda jenis ini dapat digunakan
    - Berbagai kegiatan promosi / event.
    - Bazar, Seminar dan Pameran.

    Desain tenda sarnafil dapat disesuaikan dengan keinginan anda dan tersedia berbagai ukuran yaitu 3m x 3m, 4m x 4m, 5m x 5m dengan tinggi tiang kaki 2m s/d 2,5 m.

    Perusahaan kami telah berpengalaman dalam Membuat berbagai macam tenda. Silahkan hubungi 0811 1252 0824 RAHMA
    Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci Tangerang.
    SENIN - SABTU / 08.00 - 17.00

    Anda juga dapat menghubungi kami di :
    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/
    https://tendagudangbogor.blogspot.com/
    Twitter : @TangerangRoder
    Instagram : @tendapameranjakarta
    Instagram : @tendagudangjakarta
    SHOPEE : @https:tendarodertangerang
    TOKOPEDIA :@partisipameran23

    ReplyDelete