Sunday 2 April 2017

"Kantor" Baru dan Lintasan Pikiran di Sekitarnya

Dalam beberapa hari ini, tepatnya dalam 12 hari berturut-turut, saya bolak-balik ke daerah Babakan Sari. Ada yang baru denger nama daerah tersebut? Bagi yang belum mengenalnya, daerah tersebut adalah sebuah kelurahan yang berada di kecamatan Kiaracondong. Daerah yang banyakkk RWnya yaitu 18 RW.

Saya ngapain bolak-balik ke sana? Jawaban resminya adalah menjadi tim lapangan dari program Kawasan Bebas Sampahnya YPBB. Jawaban tak resminya adalah “ngangon” bapabapa dan eboebo perwakilan dari 18 RW tersebut. Aslina ngangon hahaha. Abisan yang bekerja keras mengumpulkan data riset dari warga adalah mereka. Saya dan teman-teman bagian mensupport mereka aja biar bisa beraktivitas secara aman, nyaman semangat dan tak sampai kekurangan jatah makan siang heheh. 

Dalam 2 minggu ini saya sempat mengalami ngantor di dua kantor baruuu! Dikasi ruang, tepatnya sa-aulaeun di lantai atas sama kelurahan selama 6 hari berturut-turut ngetem di kantor kelurahan. Udah mirip sama pegawai kelurahan belum? Itu dikasi sama para pegawai yang lewat-lewat ke meja yang saya duduki. 


udah mirip staf kelurahan belum? 

Yang seru adalah tentunya pas diajakin makan bareng! Waktu itu kebun organik di salah satu RW sedang panen. Jadi bisa papasakan deh. Tapi bahan makanan yang dipanen rupanya masih lebih dikit dibanding yang dibeli sih. Yaudah gak apa-apa, minimal ada sayur organisnya. Dan tentunya ada ikan asin gorengnya.. Hmm, wangi dan menggugah selera.

Botram~

Selain itu, kelurahan ternyata biasa dapat support makan siang setiap jumat dari RW-RW. Genk bapak RW ini sigana sudah mengatur jadwal supaya setiap jumat selalu ada asupan makanan bagi staf kelurahan. Di jumat tersebut, serombongan staf kelurahan diundang ke area RW. Dan si saya sebagai yang sedang nebeng ngantor diajakin juga makan ke sana. Bukan saya pemalu sih, tapi da baru pisan makan. Makan bekel dari rumah. Kenapa bawa bekel? Soalnya males jalan menuju tempat makan dan biar hemat waktu dan uang juga sih. Sayang banget ya, padahal kan bisa sekalian kenal dan dekat sama warga. Tapi ya begitulah serunya urusan makan babarengan di kantor kelurahan.

Dan hal lain yang unik, tapi sayangnya gak sempat saya foto, di kantor kelurahan, masih ada budaya ngetik make mesin tik. OW HARI GENE!

Ya tapi sama aja sih kaya di “kantor” kedua saya. Dari hari ke 7 sampai hari ini (ini hari ke 12) saya boyongan pindah (beserta dengan peralatan) ke TPS Babakan Sari.

TPS pasti pada tau dong ya? TPS bukan bilik-bilik yang berfungsi untuk mencoblos saat pemilu. Tapi TPS yang ini berarti Tempat Penampungan Sampah Sementara. Dan TPS Babakan Sari adalah TPS unggulan di kota Bandung karena sudah disulap menjadi TPS terpadu. Apa istimewanya? Dateng dooooong, jalan-jalan ke sana! Pokoknya di tempat ini, tak hanya ngagunduk sampah dan banyak roda-roda sampah aja, tapi ada aktivitas unik lainnya yang berlangsung.


Sebagian area TPS Babakan Sari

Nah beberapa cerita unik dari tempat ini adalah (tentunya selain masih pakai mesin tik) adalah di tempat ini ada akses internetnya. TPS lain mah boroboro! Jadi kebayang kan, di tempat ini emang ada kantor-kantornya. Dan sebagai sayah penebeng, ditawarkan bisa kerja menggunakan beberapa meja kosong. Di kantor ini relative lebih kenal orangnya. Dan terutama yang terkenal sih si Akang tentunya. Jadi ya gitu weh lebih akrab. Beberapa stafnya seneng bercerita heheh. Kalo nginget jaman awal perkenalan sama Akang, tempat ini jadi salah satu modus dia nganter-nganter tea saat saya jadi surveyor yang akan mewawancara kabercam Kiaracondong. Huhuyyy!

Begitulah selintas 2 “kantor” tebengan saya di dalam masa 12 hari ini. Dan nebeng ngantor ini akan berlanjut dalam 3-4 hari ke depan. Yiiiiihaaa! Sisanya, saya ke kota dan ke kantor hanya bila benar-benar ada kebutuhan yang mendesak. Kalau hanya sejenis “perlu kirim dokumen” ya tinggal pake kurir online aja.

Lintasan pikiran yang juga muncul selama perjalanan dari dan menuju Babakan Sari adalahhh:
Saya biasanya  kalau pergi ke Babakan Sari memanfaatkan jasa ojek online. Karena kalau naek angkot lamaaa (macet, muter). Udah lama puuun, tetep kudu naek ojek lagi dari turun angkot. Yang artinya, total biaya transport juga membengkak kalau pakai angkot. Waktu tempuh pun jadi pertimbangan “mengapa saya pilih ojek online”. Jam 8-9 pagi biasanya saya perlu udah siaga di TKP. Kebayang kan kalo ngangkot, kudu jam brapa brangkat dari rumah. Kalau pulang sih biasanya dijemput Akang.

Nahh, dari proses warawiri tersebut, saya jadi makin sadar: yapantes aja makin banyak orang pakai motor ataupun ojek online. Soalnya, di jalur yang saya lalui tersebut (kalau gak salah nih ya: Cirengot – jalan Rumah Sakit, Cinambo, Cingised ….. Pratista dan berakhir di Babakan Sari), rasanya saya gak pernah ketemu angkot. Dan itu jalannya udah rame kaya jalan raya aja. Tapi bentuknya lebih mini. Dan orang-orang yang tinggal di situ, susah juga kali kalo mau tetep konsisten naek angkot. 

Salah satu penyebabnya mungkinn karena daerah tersebut tak dilewati angkot. Bahkan ada 1 rumah susun di area tersebut. Kalau gak salah rumah susun Cingised. Rumah susun itu itu rada jauh dari jalan yang berangkot. Padahal saya sih kepikirnya: rumah susun bukannya untuk kalangan ekonomi menengah ke bawah ya? Dan mungkin ga semua pengontrak di situ sanggup untuk membeli motor. Kalaupun akhirnya beli atau nyicil motor, yak arena memang tiada pilihan lain yang dirasa lebih sesuai dengan kantong dan kebutuhan untuk tiba di lokasi tujuan dengan tepat waktu. Semua masih serba mungkin karena judulnya juga lintasan pikiran tanpa sempat saya cari data lebih lanjutnya.  

Lintasan pikiran tersebut kepikir pas lagi bengong dan menclok di ojek online setiap pagi selama 12 hari ini. Ada lintasan-lintasan pikiran lainnya yang kepikir juga biasanya. Sisanya, saya kadang ngobrol juga sama mamang ojek online untuk mengisi waktu kosong selama menclok di ojek online. 

Begitulah sekilas dongeng dalam 12 hari ini. Yang tentunya proses pergi pagi mulu yang berturut-turut ini membuat saya gak sempat nungguin baju-baju terjemur sampai kering *ngetik tulisan sambil menatap nanar tumpukan baju yang belum dicuci. Hihihi, ujungnya curhat* 





1 comment: